Dua Kelompok Mahasiswa Faperta Unsrat Lolos Pendanaan Kementrian

Berita12 Dilihat
banner 468x60

swarasulut.com– Berbagai Program kreativitas mahasiswa baik kegiatan penelitian dan pengabdian hingga kewirausahaan sebagai program unggulan nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek Dikti) diraih melalui berbagai tahap seleksi yang ketat.

Sejumlah prestasi kelompok mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) berhasil diraih serta mendapatkan pendanaan Kemendikbud Ristek Dikti tahun 2024.

banner 336x280

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Ir Tineke M. Langi MS mengatakan, prestasi itu diantaranya 2 kelompok Mahasiswa Faperta lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM PI dan PKM PM) tingkat Nasional dengan lolos pendanaan kemendikbud Ristek Dikti.

Kemudian 1 kelompok Ormawa Faperta yaitu Himaju Teknologi Pertanian Lolos Program Pengembangan Kemahasiswaan Organisasi Kemahasiswaan (PKK Ormawa) tingkat Nasional, lolos Pendanaan Kemendikbud Ristek Dikti.

“Ini meneruskan tradisi jejak prestasi tahun 2023, di mana 1 kelompok PPK Ormawa BEM Faperta mengharumkan Unsrat di tingkat Nasional menjadi Juara 1,” ujarnya, Minggu (28/04/2024).

Adapula capaian Medali Emas di Final Abdidaya berlangsung di Universitas Jember tahun 2023 disaksikan dan dihadiri langsung Dekan dan WD 3 Faperta.

Prestasi spektakuler ini, di mana program PPK ORMAWA Kemendikbud Ristek Dikti sebagai program unggulan terbaru yang diikuti seluruh PTN dan PTS, sehingga kelompok mahasiswa Faperta Unsrat berhasil menyisihkan sekelompok perguruan tinggi baik negeri dan swasta di Indonesia.

Tineke menyebutkan, Rektor Unsrat Prof Dr Ir Oktovian Berty Sompie menyambut khusus dengan memberikan uang pembinaan, bebas UKT dan penghargaan lain kepada kelompok mahasiswa Fakultas Pertanian dibawah dosen pembimbing, Dr Ir Diane Pioh MSi.

Empat kelompok mahasiswa Faperta lolos pendanaan Nasional Program P2MW.
Hal ini meneruskan tradisi lolos tingkatt nasional tahun 2023.

Ada 1 kelompok P2MW Fak Pertanian mewakili Unsrat juara harapan I pada KMI Award yakni 1 mahasiswa Faperta meraih Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Unsrat, Clifford Kindangen dari Prodi Teknologi Pangan Jurusan Teknologi Pertanian.

“Dari sekian prestasi diatas, mahasiswa berprestasi Fakultas Pertanian siap mewakili Unsrat dengan mempersiapkan diri Go PIMNAS, KMI dan Abdidaya 2024 sebagai program unggulan Kemendikbud Ristek Dikti Tahun 2024,” terangnya.

Iklim kegiatan penalaran akademik dan inovatif kreatif ini terus di intensifkan pada semua mahasiswa di 8 program studi di lingkungan Fakultas Pertanian Unsrat.

Hal ini terlihat sejak kepemimpinan Dekan Pertanian Ir Dedie Tooy MSi PhD dengan dibantu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir Tineke M. Langi MSi.

Mengawali kepemimpinan sejak tahun 2022 menjabat, langsung menugaskan kelompok dosen – dosen yang kreatif, enerjik dan inovatif atas masukkan pimpinan jurusan dan program studi.

Menyiapkan waktu selain waktu perkuliahan, melakukan pembimbingan dan pelatihan untuk menggali potensi, kreativitas dan inovasi mahasiswa dengan pendekatan disiplin ilmu yang diperoleh sesuai keahlian program studinya.

“Ini wujud konkrit mensukseskan Visi Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Oktovian Berty A. Sompie MEng IPU Asean Eng menjadikan mahasiswa dan lulusan Unsrat Unggul, Inovatif, berdaya saing diperhitungkan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” jelas Langi.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *