Acara Dies Natalis FK unsrat Diisi Dua Orasi Ilmiah

Berita12 Dilihat

SwaraSulut.com-Puncak peringatan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unsrat ke 65 dilaksanakan dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin Ketua Senat Prof. dr. Linda WA Rotty, Sp.PD. KHOM didampingi Sekretaris Senat Ns. Sefti SJ Rompas, S.Kep, M.Kes, Selasa (28/05/2024).

Di perayaan ini diisi dengan orasi ilmiah oleh dua orang dosen. Pertama, dr. Linda Maya Tompodung, MpdKed, Sp Rad yang membahas tentang Peran magnetic resonance imaging pada penentuan bening dan malignan massa ginekologi. Kedua, Dr. Stephanus JC Tangel, Sip.B, Subsp, BVE(K) tentang Pengaruh hipoalbumin terhadap kejadian disfungsi kateter hemodialisis tunnel pada pasien anak dengan penyakit ginjal tahap akhir di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo.

Rektor Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng Asean IPU Eng dalam sambutannya mengatakan, kita patut berbangga dan bersyukur karena saat ini  seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran Unsrat bisa merayakan Dies Natalis ke-65.

“Banyak pencapaian luar biasa yang dicapai oleh segenap civitas akademika FK Unsrat, baik dalam pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan SDM dan kegiatan kemahasiswaan,” ujar Rektor.

Ia menambahkan, saat ini sudah banyak kemajuan-kemajuan di bidang kesehatan. “Fakultas Kedokteran harus bergerak cepat dalam pengembangan teknologi dan kesehatan,” tukasnya lagi.

Ia lantas memberikan contoh, produksi alat-alat kedokteran di mana sampai saat ini negara kita masih banyak menggunakan alat-alat teknologi impor. Seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran harus bergerak cepat dalam melakukan riset-riset di bidang teknologi kedokteran dan kesehatan.

Menurut Rektor, momen peringatan dies natalis ini, mengingatkan seluruh civitas akademika FK Unsrat untuk mengintrospeksi apa upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan para dokter, dokter gigi, perawat yang berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan khususnya pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dan kesehatan.

Disebutkan, Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas tertua di Universitas Sam Ratulangi Unsrat. Melalui perayaan dies natalis ini banyak kegiatan yang dilakukan sehingga diharapkan dapat menjaga atmosfir fakultas yang solid dan kondusif karena ini adalah modal bersama untuk mengembangkan fakultas kedokteran yang lebih baik.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sulut Debie KR Kalalo, M.Sc, PhD saat membacakan sambutan Gubernur Sulut Prof. Dr. (Hc) Olly Dondokambey, SE menuturkan, dies natalis ini bukan hanya perayaan bertambah usia, tetapi juga momen refleksi dan apresiasi atas berbagai pencapaian yang telah diraih selama ini.

Fakultas Kedokteran Unsrat, menurut Gubernur, telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya dalam mendukung pembangunan daerah Sulawesi Utara.

Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado Prof. Dr. dr. Nova Hellen Kapantow, DAN, M.Sc, Sip.GK saat menyampaikan laporan tahunan mengungkapkan, selama 65 tahun Fakultas Kedokteran Unsrat telah melahirkan banyak tenaga medis profesional yang berdedikasi tinggi dan berkompeten. Banyak dari para lulusan FK Unsrat tidak hanya berkiprah du Sulawesi Utara tetapi juga di berbagai penjuru tanah air bahkan di luar negeri.

Dekan FK Prof. Nova Kapantow menambahkan, akreditasi program studi (prodi), dari 16 prodi yang ada, 7 masuk kategori unggul, 4 baik sekali, 1 A, 3 B dan 1 dalam proses.

Jumlah mahasiswa per April 2024 berjumlah 2125 orang. Penerimaan mahasiswa S1 tahun akademik 2023-2024 berjumlah 477 orang. Lulusan sarjana tahun 2023-2024 SE sebanyak 148 orang. Lulusan program profesi 192 orang.

Jumlah peserta program pendidikan dokter spesialis-1 (PPDS-1) per April 2024 sebanyak 635 orang. Data lulusan PPDS-1 periode April 2023-Mei 2024 berjumlah 109.

Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis ke-65 Fakultas Kedokteran Unsrat Manado Dr. dr. Mendy J. Hatibie Oley, Sp.BP(K)RE dalam laporannya menyampaikan program panitia dalam rangka hari jadi FK Unsrat Manado tahun ini.

Hadir pada acara ini, Kepala Dinas Kesehatan Sulut Dr. Debby Kalalo, Ph.D, Ketua DPRD Sulut/Ketua Ikatan Alumni FK Kedokteran Unsrat Manado dr. Fransiscus Andi Silangen, SpB-KBD, pimpinan lembaga Unsrat, Dekan Fakultas se-Unsrat, Dirut RSUP Kandou Dr. dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes, Ketua IDI dr. Franky Maramis, mantan-mantan Dekan FK Unsrat, Civitas Akademi FK Unsrat, dan undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *